Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan Versi SNARS 2018



Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan merupakan sebuah program yang berisi tentang pengawasan terhadap program manajemen resiko fasilitas dan keselamatan yang terdiri dari program keselamatan dan keamanan, bahan beracun dan berbahaya, proteksi kebakaran, kesiapsiagaan menghadapi bencana, peralatan medis dan manajemen utilitas. Dalam SNARS 2018 maupun Standar Akreditasi versi 2012, program pengawasan MFK ini diminta di standar MFK 3.  Program ini terbilang penting dan wajib ada karena peran nya dalam peningkatan kinerja K3 di rumah sakit sangat amat dibutuhkan. Selain itu program pengawasan manajemen resiko fasilitas keselamatan dan lingkungan juga wajib dilaksanakan untuk bisa  lulus dalam akreditasi.

Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan dapat dibuat oleh pokja MFK, Tim K3 RS, atau Tim Pengawasan Manajemen resiko fasilitas. Tapi salah satu syarat pembuatnya adalah harus sudah memiliki sertifikat pelatihan manajemen resiko. Pelatihan manajemen resiko yang dimaksud disini adalah pelatihan manajemen resiko yang spesifik membahas manajemen resiko rumah sakit dan manajemen resiko fasilitas dan keselamatan serta lingkungan. Jadi bila pembuatnya adalah orang yang memiliki sertifikat pelatihan manajemen resiko patient safety atau manajemen resiko secara umum, biasanya surveyor tidak mau menerimanya. Tapi terkadang ada juga surveyor yang tidak mempermasalahkannya.

Dalam SNARS 2018 program pengawasan manajemen resiko fasilitas dan keselamatan diminta di beberapa standar penilaian MFK, seperti MFK 3 dan MFK 10. DI MFK 3, elemen penilaian yang diminta adalah Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan nya dan bukti sertifikat pelatihan orang yang bertanggung jawab terhadap program tersebut. Di MFK 10 yang diminta adalah laporan insiden tentang keenam program manajemen resiko fasilitas dan lingkungan serta laporan triwulan pengawasan programnya yang diserahkan kepada direktur rumah sakit.

Saat proses akreditasi, seringkali pokja MFK bingung terhadap Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan ini atau bingung dalam menjawab standar MFK 3. Sebenarnya bila kita lihat maksud dan tujuan standar MFK 3, disebut bahwa harus ada individu atau organisasi yang melakukan pengawasan terhadap keenam program MFK. Nah menurut infok3rs.me, individu atau organisasi yang mengawasai ini adalah Tim K3RS. Tim K3RS sendiri biasanya ada staf yang menjadi petugas K3, dimana untuk menjadi petugas K3 tersebut harus sudah tersertifikasi pelatihan K3 seperti pelatihan Ahli K3 Umum atau pelatihan K3RS. Nah di dalam pelatihan K3 tersebut pasti selalu ada materi khusus tentang manajemen resiko. Makanya orang sudah tersertifkasi pelatihan K3, kami anggap sebagai orang yang paling pas dalam mengawasi program MFK dan membuat Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan.

Lalu siapa yang akan membuat dan bertanggung jawab terhadap program MFK khususnya di program keselamatan dan keamanan, proteksi kebakaran dan kesiapsiagaan bencana? Tentu saja orang yang membuat program ini adalah Tim K3RS juga. Namun pada pelaksanaannya tim K3RS wajib bekerja sama dengan unit-unit terkait ketiga program diatas. Sehingga sekalian bisa dilakukan pengawasan di dalamnya. Misalnya pada program keselamatan dan keamanan, Tim K3 RS wajib berkordinasi dengan unit keamanan terkait keberjalanan program keselamatan dan keamanan di rumah sakit. Begitu juga dengan program-program MFK lainnya.

Pada intinya, Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan ini adalah berfungsi untuk mengawasi pelaksanaan keenam program manajemen resiko fasilitas. Seperti halnya fungsi K3RS di rumah sakit, yaitu pengawasan. Makanya seringkali Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan ini dijadikan satu dengan Program K3RS rumah sakit. Atau bahkan adapula rumah sakit yang menggabungkan program pengawasan manajemen resiko fasilitas dan program manajemen resiko fasilitas sekaligus.

Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan versi SNARS 2018 ini sudah pernah kami ajukan dalam akreditasi dan lulus oleh penilaian surveyor. Buat kamu yang tertarik untuk melihat Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan versi infok3rs.id, silakan kontak 085697664651 untuk pembeliannya.

8 komentar untuk "Program Pengawasan Manajemen Resiko Fasilitas dan Keselamatan Versi SNARS 2018"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mohon maaf isi link nya bukan tentang program pengawasan manajemen risiko fasilitas dan keselamatan tapi program K3RS

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasi mas. Link sudah kami perbaiki sekarang. Terimakasih

    BalasHapus
  4. mantap,saya era dari RS. di Lampung.mohon bantuan dan petunjung tentang akreditasi snar dari pokja MFK
    contoh regulasi penyewa dan merokok dapat di email ke erasugiantonababan2gmail.com.
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  5. Link sudah diperbaiki. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Maaf dokumen yang dimaksud tidak tersedia.. apakah link bisa diperbaiki

    BalasHapus
  7. Maaf dokumennya yang ada di link tidak keluar seperti di contoh cara download, mohon diperbaiki linknya

    BalasHapus