Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Resume Peraturan Perundang-undangan di Rumah Sakit

daftar peraturan perundang undangan rumah sakit



Dalam akreditasi SNARS 2018 pada poin MFK 1, rumah sakit wajib mematuhi peraturan dan perundang-undangan tentang bangunan, kebakaran dan persyaratan pemeriksaan fasilitas yang berlaku. Kewajiban untuk mematuhi peraturan ini bertujuan untuk menjamin keselamatan dan keamanan di rumah sakit, baik dari segi fasilitas, pelayanan ataupun penghuninya. Di dalam standar MFK, peraturan yang dimaksud tentu saja peraturan-peraturan yang menyangkut tentang bangunan, faslitas, sarana-prasarana, dan K3. Ada banyak peraturan yang menyoal tentang hal itu di negara ini. Saking banyaknya maka diperlukan sebuah resume/daftar dari kumpulan perundangan-undangan yang ada di rumah sakit. Soalnya dengan di resume, maka akan mempermudah kita dalam melengkapi fasilitas/bangunan di rumah sakit yang masih belum memenuhi standar.

Perundang-undangan terkait MFK sebenarnya bisa dilihat dari elemen-elemen yang ada di MFK itu sendiri. Contohnya tentang proteksi kebakaran, kegawatdaruratan, fasilitas yang aman, pengelolaan B3, pengelolaan alat medis. Hampir semua hal itu ada semua peraturan atau perundang-undangannya. Ada yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan, ada yang dikeluarkan oleh kementrian ketenagakerjaan dan ada pula yang dikeluarkan oleh lembaga lainnya. Mencari peraturan terkait fasilitas atau bangunan rumah sakit tidaklah sulit, silakan googling aja dengan kata kuncinya, dijamin kamu pasti langsung menemukannya.

Masalahnya, dalam membuat resume perundang-undangan yang berlaku, kamu tidak boleh asal-asalan dalam membuatnya. Bila kamu sudah mengikutiu SNARS 2018, maka resume perundang-undangan ini diminta diupload kedalam Sismadak nya SNARS 2018, khususnya di EP MFK 1. Terkadang meski sudah di upload sekalipun, surveyor pun tetap meminta untuk diperlihatkan dokumen fisiknya. Nah, makanya buat jaga-jaga sebaiknya, kamu membuat resume perundang-undangan yang berlaku ini dibuat sebagus dan selengkap mungkin.

Sebenarnya format resume perundang-undangan ini akan diberikan ketika rumah sakit kamu melakukan worshop atau bimbingan akreditasi SNARS 2018. Seingat saya, format resume ini ada di salah satu slide para pembimbing worshop/bimbingannya MFK. Jadi kamu tinggal melengkapinya saja sesuai dengan elemen penilaian yang ada. Format resume perundang-undangan yang direkomendasikan surveyor ini sebenarnya cukup simpel dan mirip dengan resume perundang-undangan sewaktu akreditasi versi KARS 2012 lalu.

Format resume nya terdiri dari beberapa kolom yang berisi nomor, nama standar, kaitan dengan standar, nama peraturan perundang-undangannya dan ringkasan peraturannya.  Sebenarnya adalah beberapa kolom isian lainnya, namun pembimbing akreditasi saya waktu itu merekomendasikan agar isi kolomnya hanya seperti diatas saja.

Bila kamu mencari referensi daftar peraturan perundang-undangan rumah sakit di internet, maka kamu akan menemukan beberapa dokumen resume itu. Tapi kebanayak isinya simpel-simpel saja. Formatnya memang mirip, namun isinya sangat sedikit sekali. Rasanya kurang lengkap dan mendatail. Bahkan saya pernah menemukan dokumen yang cukup lengkap, namun isinya agak ngawur. Soalnya kaitan antara standar dengan ringkasannya tidak nyambung sama sekali. Hal inilah yang membuat saya sedikit gusar untuk melihatnya.

Nah disini saya akan membagi daftar peraturan perundang-undangan rumah sakit versi infok3rs.id. Daftar peraturan perundang-undangan ini saya buat dengan cukup lengkap dan tidak ngawur. Saya melist hampir setiap EP pada MFK, dan mengaitkannya dengan setiap peraturan/perundang-undangan yang ada di Indonesia. Format dokumen nya pun sudah saya sesuaikan dengan rekomendasi para surveyor akreditas dari KARS langsung yang saya dapatkan ketika bimibingan akreditasi dulu. Dokumen daftar perundang-undangan rumah sakit yang berlaku versi infok3rs.id ini sudah teruji dengan baik ketika saya akreditasi SNARS 2018 beberapa bulan yang lalu. Alhamdulillah dokumen ini disetujui dan diterima oleh surveyor kami.

Daftar peraturan perundang-undangan rumah sakit memang berbentuk resume, namun bila hanya menyiapkan resume saja tidaklah cukup. Kamu juga wajib menyediakan dokumen fisik seluruh peraturan/undang-undang yang ada di resume itu. Saya sendiri memprint satu-satu tiap lalu menggabungkannya dalam satu bindex. Jadi ketika akreditasi, saya tinggal menunjukkan satu bindex itu saja ke surveyor.

Silakan kontak 085697664651 bila kamu tertarik untuk membeli dokumen daftar peraturan dan perundang-undangan di rumah sakit versi infok3rs ID.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu. Dukung selalu blog ini agar eksis selalu dengan membagikan postingan ke sosial media kamu. Infok3rs.me akan berubah menjadi infok3rs.id di bulan Juli nanti. Infok3rs ID juga memiliki channel youtube yang bernama infok3rs ID. Jangan lupa untuk subscribe ya, karena rencananya saya akan membuat video seputar K3RS dan MFK disana. Selain youtube, infok3rs ID juga memiliki fanspage facebook. Silakan like fansgape tersebut, karena kedepannya postingan tentang K3RS/MFK akan kami bagi-bagi diantara blog, youtube dan facebook.

4 komentar untuk "Daftar Resume Peraturan Perundang-undangan di Rumah Sakit"

  1. semua berkat MRS KARINA ROLAND
    Nama saya ANNISA LOGAN, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk meningkatkan saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir mengacaukan hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama MOTHER KARINA, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman sebesar 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam, rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas kerja baik MOTHER KARINA dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang MOTHER KARINA, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi MOTHER KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan622gan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  2. Nama ..... jayachandra fadhlan
    Negara .... indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih dengan hasil hasil jerih payah Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Saat saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka menyelesaikan meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya memperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa Jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya perlu semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan sejahtera.

    Perusahaan ..... karina roland perusahaan pinjaman
    W / S ...... + 1 (585) -708-3478
    email ...... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama saya muhammad abdul
    Dari jakarta selatan indonesia
    email muhammadabdul5151@gmail.com
    nomor telepon +6285574670570
    nomor whatsapp +6285574670570
    Saya berterima kasih kepada ALLAH karena telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders, untuk beberapa waktu sekarang bisnis saya sedang turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan bisnis saya kembali ke kehidupan, saya telah ditipu berkali-kali semua berjanji pada saya untuk meminjamkan uang tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, sampai saya menemukan ibu yuliana dan memberi saya jumlah pinjaman sebesar Rp 1,3 miliar, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke akun saya, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hatilah karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi Anthony Yulinana Pemberi Pinjaman adalah 100% pemberi pinjaman pinjaman online yang sah,
    anthony.yulianalenders@gmail.com
    whatsapp +13234026088

    BalasHapus
  4. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus